LAPORAN PERJALANAN

Perjalanan Kuliner

Oleh Siswa XI MM C

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan sebuah tugas BAHASA INDONESIA (membuat laporan wisata kuliner)  berdasarkan pengajaran (petunjuk) Bapak/Ibu guru pengajar.

Laporan ini kami susun dalam bentuk data, serta laporan ini juga akan kami presentasikan. Laporan ini telah kami susun berdasarkan diskusi dan pengamatan dari kelompok kami. Semoga laporan ini dapat memberikan inspirasi bagi teman-teman dan pemilik depot yang lainnya.

Terima kasih kami ucapkan kepada teman-teman yang telah menyusun dan yang membantu dalam penyelesaian tugas ini. Atas kerja sama dan partisipasinya kami ucapkan terimakasih.

8 Oktober 2010

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Mengenal Ibukota Kabupaten Malang Kepanjen? Saya yakin pasti sudah. Tapi sudahkah Anda mencicipi Makanan Khasnya? Nah, jawabannya pasti Apa makanan khasnya? Dimana tempatnya? Apa enak?Jawabannya adalah Es Gunung, dengan cita rasa yang luar biasa enak. Depot Es Gunung berada di depan Pasar Besar Kepanjen, Kabupaten Malang. Depot dengan ukuran cukup besar ini, menawarkan sejumlah panganan, yakni Bakso, Mie Ayam, dan Es.

Namun yang paling spesial di depot ini adalah es nya, sesuai dengan namanya Es Gunung. Kita akan mendapatkan sajian satu mangkok es dengan isi yang bermacam-macam. Kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati 1 ( satu ) mangkok Es Gunung, karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Es Gunung merupakan campuran dari berbagai bahan yang alami dan tidak menggunakan pemanis buatan. Mengapa dikatakan Es Gunung, karena serutan Es batunya sangat tinggi untuk ukuran normal sebuah es. Maka oleh sang pemilik dinamakan Es Gunung. Es ini akan lebih nikmat jika disantap di siang hari yang panas.

Depot Es Gunung buka setiap hari, mulai pukul 09.00 sampai 21.00 wib. Depot ini telah berdiri kurang lebih 15 tahun, sang pemilik sama sekali tidak mengganti resep sejak dahulu hingga sekarang, sang pemilik merasa komposisi bahan yang disajikan telah pas. Terbukti dengan selalu ramainya pelanggan yang datang untuk menikmati Es Gunung.

Jadi, Anda yang suka sekali wisata kuliner, terutama jajanan, wajib hukumnya untuk mencoba yang satu ini, Es Gunung Kepanjen. Jangan bilang anda “Penikmat Es Sejati” jika belum mencoba yang satu ini, saya jamin pasti ketagihan karena es ini sangat Suegeeeeeeeerrrrrrrrrr Pooooooooooooooolllllllll, Uennnakkkkkkkkkkkkkk Tennaaaaaaaannnnnnnn!.

Kami melakukan kunjungan ke depot tersebut dikarenakan kami ingin tahu mengapa depot tersebut ramai dikunjungi para pelanggan dan kami juga ingin mengetahui menu makanan dan minuman yang terkenal di depot tersebut dengan harganya yang terjangkau.

1.2 MASALAH

  • Ø Menu makan apa saja yang terdapat di depot tersebut ?
  • Ø Menu minuman apa saja yang terdapat di depot tersebut ?
  • Ø Mengapa di beri nama  ‘Depot Es Gunung’ ?
  • Ø Mengapa depot tersebut sangat ramai dikunjungi para pelanggan ?
  • Ø Apa tindakan pemilik depot agar konsumenya semakin bertambah ?
  • Ø Mengapa pemilik memilih tempat di depan Pasar Kepanjen untuk membuka depot tersebut ?

1.3 TUJUAN

ü TUJUAN UMUM :

–         Untuk mengerjakan tugas Bahasa Indonesia ( Laporan Perjalanan ).

–         Untuk mengetahui informasi yang lebih rinci dari ‘Depot Es Gunung’.

ü TUJUAN KHUSUS :

–         Untuk mengetahui menu makanan apa saja yang terdapat di depot tersebut.

–         Untuk mengetahui menu minuman apa saja yang terdapat di depot tersebut.

–         Untuk mengetahui mengapa di beri nama  ‘Depot Es Gunung’.

–         Untuk mengetahui mengapa depot tersebut sangat ramai dikunjungi para pelanggan.

–         Untuk mengetahui apa tindakan pemilik depot agar konsumenya semakin bertambah.

–         Untuk mengetahui mengapa pemilik memilih tempat di depan Pasar Kepanjen untuk membuka depot tersebut.

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1      Es adalah air yang dibekukan di dalam frezer. Sedangkan es gunung adalah es yang dicampur dengan berbagai macam buah yaitu, nanas, sirsak, sawo, melon, tomat, anggur, apel, pear, belimbing, semangka dan bahan tambahan lainnya yaitu, nata de coco, dawet, cincau, rumput laut, kacang hijau, kolang-kaling.

2.2      Jenis-jenis es adalah :

–           Es yang menyehatkan

–           Es yang tidak berfungsi untuk kesehatan.

Es gunung masuk kategori jenis es yang tidak berfungsi untuk kesehatan karena es gunung hanya mengandung unsur enak saja dan tidak memiliki unsure kesehatan dan tidak memiliki fungsi untuk mengobati penyakit tertentu.


PEMBAHASAN

3.1 HASIL LAPORAN PERJALANAN

Kami melaksanakan wisata kuliner di “Depot Es Gunung” yang bertempat di depan pasar kepanjen pada hari jum’at, 8 Oktober 2010. Kami memesan beberapa menu andalan dari depot tersebut. Menu andalan dari “Depot Es Gunung” antara lain : Bakso Gunung Spesial, Mie ayam special, mie ayam istimewah, es gunung, es teller, es degan, es blewah.

Alasan kami memilih “depot es gunung” ini karena tempatnya strategis, bersih, enak buat ngumpul bareng sama teman-teman. Selain itu makanannya pun enak-enak dan pelayanannya sangat memuaskan.

3.2 OPINI

“Depot Es Gunung” selalu ramai dengan pengunjung. Selain itu fasilitas dari “Depot Es Gunung” lumayan lengkap. Para karyawannya juga banyak dan ramah.

PENUTUP

4.1 KESIMPULAN

Es Gunung merupakan es yang banyak digemari anak remaja sekarang. Oleh karena itu, banyak sekali dijual es gunung dimana-mana. Salah satunya di depot  ‘’ Es gunung ’’ . Es ini hanya untuk dinikmati untuk orang-orang dan tidak  dikonsumsi  untuk obat. Mungkin es ini tidak dikonsumsi untuk obat tapi banyak orang yang meminati karena di dalam es gunung ini banyak sekali terdapat bermacam-macam buah-buahan dan bisa digunakan untuk vitamin.

4.2 SARAN

v Sebaiknya pihak depot memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.

v Menambah fasilitas yang lebih baik seperti member hotspot agar konsumennya lebih banyak.

v Menambah menu-menu makanan dan minuman yang lain agar semakin banyak menu yang tersedia.

v Merenovasi depot sebagus mungkin agar konsumen tertarik untuk mampir ke depot tersebut.

v Pelayanan parkiran lebih diamankan agar konsumen yang mampir ke tempat es gunung yang membawa kendaraan lebih nyaman.

4.3 PENUTUP

Dengan terselesainya tugas Laporan Kuliner ini, penulis ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang membantu dan mendukung selama proses pembuatan laporan awal hingga akhir. Dan tak lupa penulis juga ingin menyampaikan permohonan maaf jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan selama pengerjaan Laporan Kuliner ini berlangsung.

Penulis berharap semoga apa yang dihasilkan oleh penulis dapat bermanfaat bagi banyak orang dan khususnya pihak yang bersangkutan nantinya. Dalam pembuatan Laporan Kuliner ini masih banyak ditemui kesalahan-kesalahan baik dalam ejaan maupun pemilihan kata yang di pakai. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kepada semua pembaca agar memberikan saran dan kritik yang membangun dan dapat membuat lebih baik lagi.

Demikian Penulis mengakhiri Tugas Laporan Kuliner ini, terima kasih.

Satu Tanggapan to “LAPORAN PERJALANAN”

  1. Wah jadi pingin nyoba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: